Cara agar Terlihat Tinggi - Postur yang benar

Salah satu agar kita terlihat lebih tinggi adalah dengan memiliki postur tubuh yang baik dan benar. Postur yang baik memberikan banyak manfaat fisik dan psikologis. Hal ini merupakan komponen yang penting untuk kesehatan dan penambahan tinggi badan. Postur yang baik membantu memaksimalkan tinggi badan, bukan hanya karena alasan yang jelas bahwa duduk dan berdiri tegak lebih tinggi daripada membungkuk dan merosot, tetapi alasan itu benar dilihat dari segi struktural dan fisiologis.

Panggul berperan sebagai tuas dan memberikan pengaruh langsung terhadap postur tubuh & tinggi seseorang. Ketika posisi panggul terlalu jauh ke depan, kondisi ini disebut sebagai “Milted Pelvis”. Kondisi ini menyebabkan kita kehilangan mendapatkan tambahan tinggi dan kondisi ini umumnya adalah hasil dari seseorang dengan kekurangan otot perut dan yang biasanya memiliki perut besar.

Seiring dengan berjalannya waktu, gaya gravitasi akan menghambat pertumbuhan tubuh dan menyebabkan pengompresan pada lempeng cakram tulang belakang, kehilangan otot, dan memaksa tubuh untuk menjadi pendek atau bungkuk. Dengan mempertahankan keselarasan postur tubuh yang tepat, anda dapat secara signifikan mengurangi efek negatif dari penuaan serta meningkatkan pertumbuhan.

Dengan tingkat kesadaran yang tinggi dalam mencoba untuk berdiri tegak dan berjalan tegak sepanjang waktu, anda dapat memulai untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot-otot yang berhubungan untuk mengurangi stres yang tidak perlu dan mengurangi tekanan pada lempeng cakram tulang belakang Anda oleh gaya gravitasi. Hasilnya anda akan mendapatkan tinggi yang maksimal.


Postur yang benar ini perlu dilatih, berikut hal yang perlu diperhatikan agar postur kita selalu baik dan benar.
Cara Berdiri yang Benar

Postur Berdiri yang Baik
Salah satu cara yang sangat mendasar dalam memperbaiki postur tubuh Anda adalah dengan bersandar pada dinding. Jaga posisi kepala, tulang belikat, pantat, dan tumit agar tetap bersentuhan dengan dinding. Pada saat yang bersamaan, gunakan otot-otot Anda untuk menempelkan leher, pinggang, dan lutut ke dinding untuk memperkecil celah kosong antara tubuh anda dan dinding. Celah tersebut diusahakan harus sekecil mungkin.
  1. Bertumpu pada satu kaki di bangku atau kotak yang rendah. Posisikan agar kaki yang satu lebih tinggi sehingga kaki lainnya yang lurus dapat mendukung dan menjaga keseimbangan tubuh. 
  2. Jika anda membawa benda yang berat, geserlah benda itu dari satu sisi ke sisi lainnya untuk mengurangi stres dan ketegangan pada satu sisi tubuh dan juga untuk menghambat terjadinya skoliosis.
  3. Hindari memakai sepatu high heels. Dalam jangka panjang, sepatu ini dapat mengurangi tinggi badan anda karena sepatu high heels cenderung memiringkan panggul anda ke depan dan menciptakan lengkungan yang berlebih pada punggung bagian bawah anda yang dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan anda. Sepatu high heels juga memberi efek tekanan pada lempeng cakram spinal dan menegangkan punggung bagian bawah.


Cara Duduk yang Benar
  1. Duduklah di kursi yang kuat dan kokoh dalam menopang punggung.
  2. Duduklah di kursi yang memungkinkan lutut untuk sedikit lebih tinggi dari pinggul, sementara kaki tetap datar di lantai. Anda dapat menempatkan bangku atau kotak di bawah kaki untuk mencapai posisi yang benar.
  3. Hindari duduk di kursi empuk atau sofa. Jika Anda tidak punya pilihan, topanglah punggung bagian bawah dengan bantal kecil.
  4. Walaupun anda sudah dalam posisi duduk yang tepat, penting bagi anda untuk bangun, melakukan peregangan, dan bergerak di sekitar tempat itu kira-kira 25 menit atau lebih.


Cara Tidur yang Benar
  1. Tidur di kasur yang keras.
  2. Posisi terbaik untuk tidur adalah telentang dengan bantal kecil yang mendukung leher atau satu atau dua bantal di bawah lutut. Posisi seimbang ini dapat memperpanjang dan melemaskan otot punggung.
  3. Posisi terbaik kedua untuk tidur adalah posisi tidur menyamping dengan pinggul dan lutut ditekuk. Bantal harus ditempatkan antara lutut untuk mencegah keseleo dan memperbaiki posisi tulang belakang menjadi lebih baik.
  4. Jangan tidur telentang dengan kaki lurus karena meningkatkan risiko kejang pada tulang belakang dan meningkatkan perubahan postur tulang belakang menjadi tidak baik.
  5. Jangan tidur bertumpu pada perut (baca : telungkup). Hal ini dapat melengkungkan punggung dan memberi ketegangan pada punggung bagian bawah. Jika anda ingin tidur telungkup, tempatkan bantal di bawah pinggang dan tekuklah satu lutut ke arah bantal untuk mencegah melengkungnya punggung bagian bawah. Jangan gunakan bantal untuk kepala anda.

Cara Membungkuk dan Mengangkat Barang yang Tepat
  1. Saat mengangkat benda, jagalah posisi punggung agar tetap lurus, lalu tekuklah lutut anda dan turunkan barang yang anda bawa.
  2. Hindari membungkukkan pinggang dengan keadaan kaki lurus.
  3. Posisikan kedua kaki anda memisah agak lebar, lalu geser salah satu kaki agak ke depan daripada kaki yang lain, untuk menjaga keseimbangan dan topangan.
  4. Jangan memutar punggung anda ketika mengangkat.
  5. Jangan mencoba untuk mengangkat sesuatu yang terlalu berat. Mintalah bantuan dari orang lain.
  6. Jagalah jarak antara benda dengan tubuh anda agar tetap sedekat mungkin. Semakin jauh jarak antara benda dengan anda, maka akan semakin tegang lempeng cakram pelvis, otot, ligamen, dan tendon anda.

Anda memerlukan paket nutrisi pendamping tinggi badan ideal? Silakan kunjungi halaman dan infonya disini, info contact click disini